Berikut tips menulis surat lamaran kerja agar peluang Anda diterima semakin besar.
1. Baca dengan saksama lowongan pekerjaan, terkait jenis lowongan
pekerjaan dan persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut.
Hal ini dibutuhkan agar pekerjaan yang
dilamar sesuai dengan keingan dan isi surat lamaran pekerjaan Anda tidak keluar
dari konteks.
2. Tulislah surat lamaran kerja dengan memerhatikan unsur isi dan
sistematika serta kaidah kebahasaan yang
benar (berdasarkan PUEBI dan KBBI).
3. Gunakan kaliamt efektif, singkat, padat, jelas, sopan, dan
menarik.
4. Tujuan surat harus jelas. nama yang dituju harus Anda pastikan benar ejaan
namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan.
5. Setelah Anda selesai menulis surat lamaran kerja. Baca sekali
lagi, pastikan tidak ada salah ketik. Menggunakan tata bahasa yang baik dan
benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.
6. Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik,
pastikan kertas yang Anda pakai bersih. Tidak ada kotoran, bekas terlipat,
bekas dihapus, bekas tip-ex, atau kotoran apapun itu.
7. Jika Anda menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan,
pastikan tulisan Anda dapat terbaca. Hindari menggunakan tulisan tegak
bersambung. Alasi tangan Anda menggunakan tisu ketika menulis agar kertas tidak
kotor maupun tiba-tiba terlipat.
Setelah Anda mengetahui tips-tips menulis surat lamaran
kerja agar peluang diterima lebih besar, simak cara menulis surat lamaran kerja
di bawah ini.
https://www.merdeka.com/gaya/9-langkah-cara-membuat-surat-lamaran-kerja-yang-efektif-agar-mudah-diterima-kln.html