Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

 Berikut tips menulis surat lamaran kerja agar peluang Anda diterima semakin besar.

1.       Baca dengan saksama lowongan pekerjaan, terkait jenis lowongan pekerjaan dan persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut. Hal ini dibutuhkan agar  pekerjaan yang dilamar sesuai dengan keingan dan isi surat lamaran pekerjaan Anda tidak keluar dari konteks.

2.       Tulislah surat lamaran kerja dengan memerhatikan unsur isi dan sistematika serta kaidah  kebahasaan yang benar (berdasarkan PUEBI dan KBBI).

3.       Gunakan kaliamt efektif, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.

4.       Tujuan surat harus jelas. nama  yang dituju harus Anda pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan.

5.       Setelah Anda selesai menulis surat lamaran kerja. Baca sekali lagi, pastikan tidak ada salah ketik. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.

6.       Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik, pastikan kertas yang Anda pakai bersih. Tidak ada kotoran, bekas terlipat, bekas dihapus, bekas tip-ex, atau kotoran apapun itu.

7.       Jika Anda menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisan Anda dapat terbaca. Hindari menggunakan tulisan tegak bersambung. Alasi tangan Anda menggunakan tisu ketika menulis agar kertas tidak kotor maupun tiba-tiba terlipat.

Setelah Anda mengetahui tips-tips menulis surat lamaran kerja agar peluang diterima lebih besar, simak cara menulis surat lamaran kerja di bawah ini.

 

Description: https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2017/09/11/885404/content_images/670x335/20170911124827-1-ilustrasi-surat-lamaran-kerja-004-magang.jpg


 

Description: https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2017/09/11/885404/content_images/670x335/20170911124827-2-ilustrasi-surat-lamaran-kerja-005-magang.jpg

https://www.merdeka.com/gaya/9-langkah-cara-membuat-surat-lamaran-kerja-yang-efektif-agar-mudah-diterima-kln.html