Paragraf Deskripsi

Memahami Karakteristik Paragraf Deskripsi
Temanmu bertanya, ”Seperti apa sih bentuk pesawat Sukoi itu?” Jika kamu mempunyai foto atau gambar pesawat Sukoi, tentu kamu akan menunjukkannya pada temanmu itu. Jika kamu pandai melukis pasti kamu akan melukiskan pesawat Sukoi untuk temanmu.
Bagaimana jika kamu tidak punya foto dan tidak bisa melukis? Untuk menjawab pertanyaan teman kamu tersebut, kamu dapat menggambarkan
atau melukiskan dengan kata-kata. Dengan istilah lain, kamu dapat mendeskripsikan bentuk pesawat Sukoi kepada temanmu.Dalam kegiatan menulis, mendeskripsikan berarti melukiskan atau menguraikan suatu hal atau objek sehingga pembaca atau pendengar seolah ikut langsung melihat atau mengalaminya. Penulis berusaha memindahkan kesan-kesan hasil pengamatan atau pengindraannya kepada para pembaca. Ia berusaha melukiskan apa yang dilihat, didengar, dicium, dirasa, dan diraba. Tujuannya memancing imajinasi/daya khayal pembaca, agar seolah-olah melihat sendiri dan merasakan apa yang penulis deskripsikan.

Perhatikan contoh paragraf deskripsi benda berikut ini!
Contoh (a)
Banyaknya penyelundupan sejumlah senjata rudal jenis Strela SA-7 buatan Rusia dari Kamboja ke Thailand dan meningkatnya aksi terorisme mengkhawatirkan negara-negara Asia-Pasifik. Senjata rudal jenis ini sangat ringan dibandingkan kedahsyatan akibat yang ditimbulkannya. Pesawat tempur sekuat apapun akan jatuh terkapar terkena hantamannya, apalagi hulu ledak SA-7 ini dilengkapi inframerah sehingga dapat mencari dan mengejar sasaran dengan sendirinya. Ke mana pun pesawat terbang berlari
Rudal SA-7 akan mengejar dan memburunya seolah mempunyai mata dan nyawa. Panjang Rudal SA-7 hanya 1,40 meter tidak lebih dari rentangan tangan seorang anak kecil usia 10 tahun. Lebar sayapnya hanya 0,30 meter dengan daya jangkau 500 sampai dengan 5.000 meter. Walaupun hulu ledaknya hanya 1,1 kg Rudal ini tergolong high explosive mempunyai daya ledak tinggi. Oleh sebab itu sangat berbahaya jika digunakan oleh teroris, terutama jika ditembakkan ke pesawat-pesawat komersial. Pasti kena dan pasti hancur.

Contoh (b)
Pameran karya kerajinan pengrajin Australia di Museum Nasional, Jakarta, menyuguhkan karya dengan sentuhan seni modern. Ada mangkuk, teko, perlengkapan minum, botol, vas, lampu minyak,nampan, dan sebagainya ditata dalam nuansa satu gaya. Warnawarna yang khas dan natural pada karya kerajinan itu
menimbulkan citra tersendiri di mata pengunjung. Apalagi ruangan yang sejuk dan tata cahaya seimbang menambah kesan barang-barang yang dipamerkan begitu menarik. Tidak hanya itu, alunan lembut musik tradisional Australia yang disuguhkan dalam ruangan pameran, dengan sound system di kiri kanan ruangan membuat para pengunjung merasa nyaman. Ingin rasanya kami memiliki salah satu saja barang yang terpampang di ruangan ini. Cuma harga yang ditempelkan itu yang membuat kami kecewa. ”Mahal!” ”Mana mungkin kita mampu beli jika standar harganya dolar”. Ungkap salah satu rekan kami, dengan penuh kesal.

Diskusikan dengan temanmu dan jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
Jelaskan menurut kamu apa yang membedakan antara contoh paragraf deskripsi (a) dengan contoh paragraf deskripsi (b)?
Jelaskan menurut kamu apa tujuan penulis dalam menulis paragraf (a) dan (b)? Jelaskan secara terpisah!
Kesan indra apa saja yang digunakan penulis dalam mendeskripsikan contoh paragraf deskripsi (b)? Lengkapi jawaban kamu dengan kutipan kalimat!
Melihat contoh paragraf deskripsi tersebut, perlukah suatu paragraf deskripsi itu dilengkapi data-data fakta yang jelas? Berilah alasan atas jawabanmu!
Melihat pilihan kata pada kedua contoh paragraf deskripsi tersebut, penulis cukup banyak menggunakan kata-kata konotatif. Mengapa dalam penulisan deskripsi diperbolehkan menggunakan kata-kata konotatif? Apa tujuannya?
Setelah kamu memahami pengertian dan tujuan deskripsi, tentukan topik-topik mana saja berikut ini yang cocok untuk dikembangkan menjadi paragraf deskripsi?
a.     Ruangan kelas yang kotor dan tidak terawat.
b.    Perlunya peningkatan motivasi belajar siswa.
c.     Keadaan mobil truk yang mengalami kecelakaan itu sangat parah.
d.    Pakaian seragam anak-anak TK Pertiwi sangat bagus.
e.     Pencemaran sungai di kota Bandung sangat memprihatinkan.
f.     Daya nalar pelajar Indonesia sangat rendah.
g.    Penanggulangan bahaya narkoba dengan meningkatkan keimanan.
h.     Jenis dan bentuk narkoba.
Pada soal nomor 6 ada beberapa topik yang tidak cocok untuk kamu kembangkan dalam bentuk paragraf deskripsi. Coba jelaskan mengapa topik tersebut tidak tepat jika dikembangkan menjadi paragraf deskripsi!
8. Mengacu uraian materi dan jawaban-jawaban kamu di atas, coba rumuskan ciri-ciri paragraf deskripsi menurut pemahaman kamu!